Usaha penjualan pakaian atau fashion murah skala kecil dengan modal terbatas, harus mencari jenis barang yang cepat laku. Indikasi
cepat laku adalah kalau barang itu sering berganti atau cepat habis.
Oleh sebab itu ada dua alternatif hal yang dapat dipilih yaitu memilih
produk pakaian yang mahal agar dapat keuntungan besar, atau memilih
produk yang murah dengan keuntungan kecil, tetapi pembeli terus menerus
membeli. Mengingat
keterbatasan modal, maka pilihan jatuh pada penjualan produk yang murah
dengan konsekuensi putaran sediaannya harus cepat. Produk-produk yang
cepat ganti dan murah, dapat meliputi daster, celana dalam, bra, dan
pakaian anak. Pakaian anak sangat cepat ganti, karena anak tumbuh
berkembang, begitu sudah kesempitan perlu diganti dengan baju yang baru. Walaupun
tidak memiliki toko tetapi rumah merupakan tempat usaha awal yang cocok
dan melayani dengan jangkauan lokasi terbatas sekitar rumah lalu bisa
anda kembangkan jangkauannya. Promosi tetap harus dilakukan tapi pada
dasarnya promosi yang canggih tidak diperlukan. Yang penting dalam
menjual harus ramah, mudah memuji ke konsumen, dan tempat ***sahakan
bersih. Setiap 3 hari diganti produk yang dipajang agar menimbulkan
kesan laku dan memiliki variasi yang banyak. Prinsipnya promosi harus
sesedikit mungkin mengeluarkan biaya, dan semua pelanggan dianggap sama.
Misalnya semua harga adalah tetap, tidak boleh ditawar. Penawaran
terjadi bila membeli dalam jumlah banyak. Misalnya meminta diskon 10%,
bila membeli lebih dari 3 pakaian bukan satuan. Karena usaha pakaian atau fashion murah
anda masih dalam skala kecil maka penjualan kredit harus dihindari,
***sahakan selalu cash. Memberikan kredit pada satu orang sama dengan
memberikan kredit pada semua orang. Bila tidak bisa cash, berarti harus
kredit dengan harga sama untuk semua orang. Selisih harga kredit dan
cash tidak boleh terlalu besar, kalau terlalu besar akan diketahui oleh
pelanggan, bahwa kita mengambil untung sangat besar dari penjualan
kredit itu. Harga kredit besar karena mengantisipasi kalau macet karena
kemungkinan macet sangat besar. Oleh karena itu administrasi pelanggan
harus rapi. Usaha
pakaian ini tentu memiliki prospek yang cerah, karena semua orang perlu
berpakaian. Kuncinya adalah inovasi untuk memperoleh keunggulan. Oleh
karena itu, kalau membeli produk harus pada supplier yang kooperatif dan
konsultatif. Disebut konsultatif, karena diharapkan pemasok/supplier
dapat memberi saran produk apa yang sedang tren atau yang disukai
pembeli. Karena itu disarankan untuk memilih model, pola dan gambar
pakaian yang tepat karena sangat menentukan dalam penjualan. Contohnya
pola gambar dalam pakaian sering mengikuti film yang populer saat ini. Bila
tepat memilih akan cepat laku tetapi ini sangat musiman. Jadi,
pandai-pandailah melihat tren sehingga produk yang anda jual akan laris.
Jumat, 19 Oktober 2012
Bisnis ''Jual Baju''
05.06
No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar