Jumat, 26 Oktober 2012

Usaha Berternak Burung Lovebird


Berternak burung lovebird adalah salah satu hal yang sangatlah menyenangkan. Bagaimana tidak,lovebird adalah salah satu burung yang unik,selain variasi warna bulunya yang cantik,perilakunyapun sangat enerjik dan lucu. Berternak burung lovebird juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan.
   Saat ini saya akan membahas tentang lovebird fischer atau sering dikenal dengan lovebird kacamata(klep). kenapa saya membahas lovebird fischer?,karena saya lihat burung in banyak digemari diberbagai daerah,seperti solo.lovebird fischer saat ini sedang populer dan harganyapun meroket tinggi. Saat ini saya akan share beberapa gambar lovebird fischer atau lovebird kacamata(klep).


PERBEDAAN LOVEBIRD JANTAN DAN LOVEBIRD BETINA

*Ciri-ciri lovebird jantan: Bentuk tubuh lebih ramping,cupit udang runcing,posisi kaki saat bertengger sempit.
*Ciri-ciri lovebird betina: Bentuk tubuh gemuk,cupit udang lebar,posisi kaki saat bertengger lebar,biasanya pada waktu musim berkembangbiak sering membawa potongan kayu atau ranting ke dalam glodok (unjal).
         Perlu diketahui,dalam berternak burung lovebird sangat dibutuhkan kesabaran dan rasa sayang. Karena dengan rasa sayang tersebut akan timbul perhatian yang lebih dalam memelihara burung lovebird. 

HAL-HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN DALAM BERTERNAK BURUNG LOVEBIRD
1.Sangkar besi atau kawat
   untuk menghemat biaya kita bisa memakai sangkar dengan ukuran minimal 60cm x 50cm x 45cm untuk
   sepasang indukan lovebird.
2.Kotak kayu atau glodok
   kotak kayu atau glodok sangat penting,karena akan dipakai untuk bertelur dan mengerami telur.
3.Tenggeran
   biasanya akan dipakai untuk bertengger dan pada musim berkembangbiak sering dipakai untuk kawin.
4.Tempat makan dan minum
    catatan: "bersihkan tempat makan dan minum setiap hari,kemudian ganti air untuk minum setiap hari,hal        ini untuk menjaga agar burung lovebird tetap sehat dan terhindar dari penyakit".
5.Pakan dan Vitamin
   burung lovebird termasuk burung pemakan biji-bijian,tetapi untuk memenuhi kebutuhan gizi yang optimal    berikan juga sayuran yang segar. Untuk pakan lovebird antara lain: Kenari seet,Milet,Kwaci,Biji sawi dan      untuk sayuran: Kangkung. Kemudian untuk menjaga kesehatan dan agar burung tetap fit,berikan vitamin        yakni dengan Vitalur,Alami,Growvit atau yang lainnya. Berikan 2x dalam seminggu campurkan pada air          minumnya.
6.Bersihkan kandang atau sangkar minimal seminggu sekali.

USIA KAWIN,BERTELUR DAN MENETAS
          Usia burung lovebird untuk dijodohkan kurang lebih pada usia 10bulan. Satu minggu setelah kawin burung lovebird akan bertelur dan tiap 2hari telur akan bertambah hingga semua telur keluar (tergantung kondisi lingkungan setempat). Setelah 21-23hari telur akan menetas dan umur 1,5bulan anakan lovebird akan keluar dari glodok

0 komentar:

Posting Komentar