Jumat, 19 Oktober 2012

Usaha ''Air Minum''

Minum merupakan kebutuhan primer setiap manusia, kekurangan minum bisa menjadikan tubuh kekurangan cairan dan dehidrasi. Untuk memenuhi konsumsi air minum secara praktis saat ini banyak dijual minuman air mineral botol dalam berbagai kemasan, namun dalam kondisi prekonomian di tanah air yang masih banyak masyarakat dengan taraf hidup menengah kebawah, maka untuk air minum mineral kemasan botol masih dirasakan berharga cukup mahal.

Sumber air minum yang material mentahnya sering kali kurang meyakinkan dan memenuhi syarat kesehatan untuk dikonsumsi, membuat para usahawan dan ahli berinovasi menciptakan mesin pengolah air minum yang cukup berkualitas, serta dipasarkan secara umum sebagai investasi awal bagi mereka yang ingin memiliki bisnis air isi ulang galonan.

Pada dasarnya usaha ini termasuk dalam jenis usaha yang mudah untuk dikelola dan dijalankan, namun investasi awal untuk membeli mesin produksi air minum masih dirasakan berharga cukup mahal dan walaupun sebagian usahawan mengatakan berharga cukup terjangkau. Selain pengadaan mesin produksi ada beberapa faktor yang menentukan untuk dapat sukses dan bertahan lama dalam menjalankan bisnis air minum isi ulang, diantaranya sebagai berikut :
  • Lokasi yang strategis dan konter yang bersih, usaha ini termasuk jenis yang melayani kebutuhan orang banyak, selain kualitas tentu saja sukses ditentukan oleh kuantitas produksi dan unit yang dijual pada setiap harinya. Lokasi yang strategis bertujuan agar memudahkan konsumen menemukan bisnis anda, dan konter yang bersih bertujuan agar konsumen memiliki keyakinan atas hasil produksi yang berkualitas dan memungkinkan untuk memutuskan berlangganan kepada anda.
  • Sumber material yang terpercaya, dalam bisnis air minum sudah pasti bertalian langsung dengan kesehatan konsumen. Jangan sembarangan dalam pengadaan material air bersih untuk produksi, cari supplier air bersih sebagai material yang terpercaya di daerah anda dan sampaikan kepada konsumen darimana material didatangkan.
  • Sistem produksi dan pengemasan, keyakinan konsumen sangat penting dalam kelangsungan bisnis ini, jangan biarkan isu kompetitor bergulir begitu mudah kepada para konsumen, buat banner sistem produksi dan cara pengemasan yang baik dan benar, serta tempatkan banner didalam konter agar diketahui secara umum bahwa produksi dari bisnis anda sudah benar dan memenuhi standar kualitas.
  • Metode pemasaran, awali metode pemasaran bisnis dengan flyer atau brosur yang disebar dan dibagikan kerumah-rumah di sekitar konter. Media promosi wajib memuat alamat lengkap dan nomer telepon pelayanan agar konsumen mudah untuk melakukan pemesanan ataupun pembelian. Pasang papan nama dan spanduk pada bagian depan konter untuk memudahkan konter ditemukan oleh masyarakat umum.
  • Kembangkan pemasaran lanjutan, konsumen yang loyal merupakan aset utama dalam bisnis ini, jadi kembangkan sistem pemasaran lanjutan untuk membangun loyalitas. Baik sistem pelayanan antar dan jemput, reward point pembelian yang dapat ditukarkan dengan produk, atau metode pemasaran inovasi lainnya yang berguna untuk membangun loyalitas konsumen.
  • Menetapkan merek dan logo, bisnis yang memasyarakat umumnya akan menimbulkan rasa fanatisme terhadap satu merek utama. Perkuat dengan label dan logo bisnis anda pada tiap galon kemasan produk sebagai attribut yang membedakan bisnis anda dengan kompetitor lainnya.
  • Pelayanan cepat itu harus, dalam bisnis seperti ini jangan biarkan konsumen menunggu terlalu lama untuk mendapatkan layanan, maka modal inventaris sangat dibutuhkan untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan. Utamanya stok galon yang cukup agar tidak menimbulkan antrian.
  • Keterbukaan untuk kualitas, Pastikan konsumen mengetahui bahwa produk bisnis anda memiliki standar kualitas. Mesin produksi wajib mendapatkan maintenance pada periode tertentunya. Untuk itu umumkan rencana maintenance selanjutnya dalam satu kertas pengumuman yang diletakan di konter. Hal ini semakin meningkatkan keyakinan kualitas terhadap bisnis dan menambah loyaltas hingga fanatisme kepada konsumen.
  • Pengelolaan sistem keuangan, bisnis dengan pengelolaan keuangan yang baik sudah pasti lebih maju dan mampu bersaing dari pada tanpa pengelolaan. Buat pembukuan yang benar, kelola permodalan dengan baik, dan bijaksana dalam memperlakukan keuntungan. Hal ini memungkinkan bisnis dapat berkembang bukan hanya untuk sebuah konter saja, usahawan akan jauh terasa lebih sukses dengan memiliki beberapa konter yang sudah tentu jangkauan pelayanannya lebih luas.
  • Referensi dan jaminan, selain keterbukaan keyakinan konsumen bisa dibangun melalui referensi dan jaminan. Jika sudah memungkinkan daftarkan bisnis anda untuk mendapatkan pengakuan dari instansi pemerintahan yang terkait dengan bisnis anda ini, hal ini tentu menjadi pegangan dan referensi kuat bagi masyarakat umum dalam menggunakan produk air minum isi ulang dari bisnis anda.
Ingat, bisnis ini termasuk dalam kategori yang mudah untuk dijalankan dan dikelola. Namun untuk kesuksesan sebagai usahawan sudah pasti kontrol terhadap operasional bisnis erupakan kewajiban nyata yang harus terus dilakukan secara konsisten. Tidak ada kemampuan yang dapat mengontrol sebuah bisnis dengan sangat baik selain apa yang dilakukan oleh usawahan sebagai pemilik bisnis itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar